Mengenal Kami lebih jauh
Coca-Cola Bottling Indonesia merupakan salah
satu produsen dan distributor minuman ringan terkemuka di Indonesia. Kami
memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berlisensi dari The Coca-Cola
Company.
Perusahaan kami memproduksi dan
mendistribusikan produk Coca-Cola ke lebih dari 400.000 outlet melalui lebih
dari 120 pusat penjualan.
Coca-Cola Bottling Indonesia merupakan nama
dagang yang terdiri dari perusahaan-perusahaan patungan (joint venture)
antara perusahaan-perusahaan lokal yang dimiliki oleh pengusaha-pengusaha
independen dan Coca-Cola
Amatil Limited, yang merupakan salah satu produsen dan distributor
terbesar produk-produk Coca-Cola di dunia.
Coca-Cola Amatil pertama kali berinvestasi di
Indonesia pada tahun 1992. Mitra usaha Coca-Cola saat ini merupakan pengusaha
Indonesia yang juga adalah mitra usaha saat perusahaan ini memulai kegiatan
usahanya di Indonesia. Produksi pertama Coca-Cola di Indonesia dimulai pada
tahun 1932 di satu pabrik yang berlokasi di Jakarta. Produksi tahunan pada saat
tersebut hanya sekitar 10.000 krat.
Saat itu perusahaan baru memperkerjakan 25
karyawan dan mengoperasikan tiga buah kendaraan truk distribusi. Sejak saat itu
hingga tahun 1980-an, berdiri 11 perusahaan independen di seluruh Indonesia
guna memproduksi dan mendistribusikan produk-produk The Coca-Cola Company. Pada
awal tahun 1990-an, beberapa diantara perusahaan-perusahaan tersebut mulai
bergabung menjadi satu.
Tepat pada tanggal 1 Januari 2000, sepuluh dari
perusahaan-perusahaan tersebut bergabung dalam perusahaan-perusahaan yang kini
dikenal sebagai Coca-Cola Bottling Indonesia.
Saat ini, dengan jumlah karyawan sekitar 10.000
orang, jutaan krat produk kami didistribusikan dan dijual melalui lebih dari
400.000 gerai eceran yang tersebar di seluruh Indonesia. Bersama-sama kami
hadirkan saat-saat penuh kesegaran setiap hari.
Konsep Informasi Yang di
gunakan
Kami memiliki beberapa program untuk mendukung
penjualan dan pemasaran produk-produk kami. Program tersebut bertujuan untuk
meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, yaitu:
Kami mempunyai program
promosi yang beragam, yang tidak hanya untuk meningkatkan penjualan dan
pemasaran, tetapi juga meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk kami.
Nb : Contoh Program promosi liat gambar.
Di Coca-Cola, ada Customer
Service System (CSS), sistem pelayanan pelanggan kami, didesain untuk
meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen secara terus-menerus terhadap
produk-produk Coca-Cola dengan menyediakan pelayanan yang optimal kepada
seluruh pelanggan berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing.
Tujuan kami adalah
menciptakan outlet ideal di seluruh Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut,
kami merencanakan dengan matang dan meninjau-ulang seluruh aspek dan peluang
penjualan yang tersedia bagi setiap pelanggan. Kemudian kami menawarkan
langkah-langkah korektif bagi para pelanggan dan secara bersama-sama menerapkan
program-program perbaikan yang sesuai dengan standar perusahaan.
Agar program CSS berjalan
dengan efektif, kami memiliki Tim khusus di National Office yang melakukan
perencanaan dan memberikan pelayanan di bidang penjualan dan pemasaran kepada
seluruh para pelanggan. Tim tersebut memberikan pelayanan yang menyeluruh,
mulai dari perencanaan rute distribusi hingga sistem pelayanan pelanggan yang
lebih komprehensif, apakah secara langsung melalui Tim sales force kami ataukah
melalui pihak ketiga yang bermitra dengan kami, yang kami sebut dengan Area
Marketing Contractors.
Pelanggan-pelanggan kami
mendapatkan keuntungan layanan secara teratur, merchandising, peralatan point-of-purchase,
program khusus yang inovatif dan kebanggaan memberikan pelayanan merek terbaik
di dunia.
National Contact Center
Coca-Cola Bottling
Indonesia (CCBI) merupakan salah satu produsen dan distributor minuman ringan
terkemuka di Indonesia. Kami memproduksi dan mendistribusikan produk-produk
berlisensi dari The Coca-Cola Company. Selain menyediakan produk-produk yang
berkualitas dan berstandar tinggi, kami juga menyediakan layanan pendukung
terbaik, baik bagi para pelanggan (mitra distribusi) maupun konsumen.
Untuk mendukung layanan
terbaik itu, CCBI menyediakan National Contact Centre (NCC),
yaitu pusat layanan bagi pelanggan dan konsumen di seluruh Indonesia. NCC
berfungsi sebagai media bagi para pelanggan dan konsumen yang membutuhkan
informasi atau layanan apapun terkait dengan Perusahaan dan produk-produk
Coca-Cola.
Layanan dari NCC meliputi:
Layanan Pelanggan yang mencakup permohonan
menjadi pelanggan, alat pendingin, pemesanan produk baik dari outlet
tradisional maupun modern, serta hal lain yang terkait - Layanan Konsumen yang mencakup informasi produk, kualitas produk dan kemasan, kegiatan promosi produk;
- Pertanyaan Umum yang mencakup penelitian, praktek kerja/magang dan lowongan pekerjaan di CCBI, permohonan kunjungan ke pabrik CCBI, penawaran jasa dan produk untuk CCBI.
Nb : Gambar NCC dan Pelayanan Web lihat gambar
Terbatasnya sumberdaya dan
kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu, sekaligus komitmen
untuk menciptakan peluang kerja yang luas di sektor informal, mendorong
Coca-Cola untuk secara serius dan berkesinambungan mengembangkan jaringan
Distribusi Tak Langsung (Indirect Distribution) berbasis Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) di Indonesia. Sistem Distribusi ini mengandalkan dua kelompok
usaha kecil dan menengah yang terbagi dalam dua kelompok besar: Area Marketing
Contractor (AMC) dan Street Vending.
Sebagian besar
produk-produk kami didistribusikan melalui lebih dari 120 pusat penjualan yang
tersebar di seluruh Indonesia. Produk-produk tersebut diangkut ke pusat-pusat
penjualan tersebut oleh armada truk berukuran besar dan kemudian
didistribusikan ke pedagang-pedagang eceran oleh kendaraan distribusi yang
lebih kecil. Apabila truk-truk penjualan kami ditempatkan berderet, maka akan
bisa sepanjang lebih kurang 17 km. Hal inilah yang membuat perusahaan kami
sebagai salah satu perusahaan distribusi terbesar di Indonesia.
Diperkirakan lebih dari 80%
produk-produk kami dijual melalui para pengecer dan grosir dimana 90%
diantaranya termasuk dalam kategori pengusaha usaha kecil, dan mereka
mempekerjakan kurang dari lima karyawan dengan omset penjualan per tahun kurang
dari Rp. 1 milyar.
Tim penjualan kami yang
sangat besar tidak saja menjual produk-produk kami kepada para pelanggan,
tetapi mereka juga memberikan saran bagaimana sebaiknya mereka menjual
produk-produk Coca-Cola. Supervisor penjualan kami juga teratur mengunjungi
para pelanggan dan memberikan bimbingan, serta menampung masukan yang
disampaikan para pelanggan.
Kebijakan penjualan dan
distribusi secara menyeluruh diarahkan oleh National Office di Cibitung,
Bekasi, namun penerapan kebijakan tersebut dilaksanakan oleh para manajer
operasional dan regional yang handal dan berpengalaman beserta staf mereka.
Riset membuktikan bahwa 90%
konsumen kami lebih menyukai membeli produk-produk Coca-Cola dalam keadaan
dingin. Hal ini menunjukkan bahwa peranan Cold Drink Equipment (peralatan
pendingin) sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan dan mendorong
tingkat keuntungan para pelanggan kami.
Nb : Contoh Alat pendingin liat gambar.
FRIGOREX FV-280
Kapasitas Produk
-
Kaleng 350
-
Botol 175
-
Kotak 7
-
Jumlah Rak 5
-
Voltase (volt) 220
-
Starting Power (watt)
1320
-
Running Power (watt)
660
-
Kompresor (pk) ¼
-
Berat (kg) 88
-
Volume (liter) 272
-
Dimensi ((l x d x t)
mm)
-
495 x 750 x 1610
-
Single door
Ideal untuk segmen: toko eceran, sekolah, supermarket dan restoran
Ideal untuk segmen: toko eceran, sekolah, supermarket dan restoran
Perusahaan Coca-Cola di
Indonesia memiliki komitmen kuat untuk menyediakan berbagai peralatan pendingin
dari berbagai ukuran bagi para pelanggan kami untuk mendukung penjualan mereka.
Mulai dari ice chest (peti pendingin) untuk outlet tipe kios, electric coolers
(lemari es) untuk outlet tipe Toko Eceran, Warung Belanja, Supermarket, Rumah
Makan.
MOKI
Kapasitas Produk
-
Cases (botol) 6
Vending machine dan street vending seperti
misalnya Moki (mobile kiosks) push cart; seluruh fasilitas tersebut dipinjamkan
kepada para pelanggan tanpa biaya apapun, sehingga para pelanggan dapat menjual
produk-produk Coca-Cola dalam keadaan dingin kepada konsumen.
PUSH CART
Kapasitas Produk
- Cases (botol) 5
ICE CHEST-SPRITE/COKE
Kapasitas Produk
- Cases (botol) 2
Dimensi ((p x l x t) mm)
650 x 500 x 379
Ideal untuk segmen : kiosk rokok, sekolah, warung makan dan
restoran.
Untuk mendapatkan pinjaman Alat Pendingin Produk
tersebut sangat mudah. Salesman Coca-Cola akan menilai jenis Alat Pendingin
Produk apa yang cocok untuk outlet tertentu
tahun 2003, Fanta menghadirkan campuran dua
rasa buah, orange dan mango, yang disebut "Fanta Oranggo", setelah
pada tahun sebelumnya sukses meluncurkan Fanta Nanas. Pada tahun ini pula,
Coca-Cola Indonesia meluncurkan Sunfill - produk minuman Sirup dan Serbuk
instan rasa buah. Dengan inovasi, Coca-Cola yakin bahwa produk-produk yang
ditawarkan akan mampu memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia.
Selain berinovasi pada produk-produk baru,
Coca-Cola juga mencoba mengembangkan desain kemasan minuman, serta meningkatkan
kualitasnya. Setelah meluncurkan Frestea dalam kemasan botol, pada akhir tahun
2002, Coca-Cola Indonesia meluncurkan Frestea dalam kemasan Tetra Wedge yang
lebih mudah dan praktis untuk dibawa. Pada akhir 2003, Coca-Cola, Sprite, dan
Fanta hadir dalam kemasan kaleng ramping baru yang unik. Pada tahun 2004 ini,
Coca-Cola hadir dengan inovasi terbaru yaitu botol gelas berbobot lebih ringan
30 % dengan desain mungil, imut, tapi kuat. Inovasi kemasan produk akan terus
dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru.
Strategi pemasaran Coca-Cola mempunyai ciri
khas tersendiri, yang unik dan kreatif. Berbagai program promosi diadakan
sesuai dengan event yang sedang berlangsung, baik melalui konser musik,
pameran, promo penukaran tutup botol, hadiah kejutan, maupun iklan TV tersebut.
Kemudian akan disiapkan dokumen perjanjian yang mencantumkan beberapa kriteria
yang harus dipenuhi sehingga penempatan Alat Pendingin Produk tersebut dapat
optimal.
Kami juga mempunyai tim khusus yang merawat
Alat Pendingin Produk milik Coca-Cola yang ditempatkan di pasar. Tim tersebut
bertanggung jawab atas penempatan, rehabilitasi dan relokasi Alat Pendingin
Produk dan memastikan bahwa asset-aset perusahaan tersebut dipergunakan secara
efektif dan efisien
-
HoReCa
Dengan bekerjasama dengan berbagai Hotel, Restaurant,
dan Café ternama, kami memberikan beragam penawaran menarik melalui program
HoReCa ini.
Inovasi kami
Inovasi adalah salah satu kunci keberhasilan
yang menjadikan Coca-Cola Indonesia semakin besar, dikenal luas, serta
memberikan kontribusi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Melalui riset dan
pengembangan (Research & Development), Coca-Cola terus berinovasi untuk
menciptakan produk, kemasan, strategi pemasaran, serta perlengkapan penjualan
baru yang lebih berkualitas, kreatif, serta mempunyai ciri khas tersendiri.
Dengan memahami kebutuhan dan perilaku konsumen,
serta potensi kekayaan alam Indonesia, Coca-Cola berinovasi dengan menciptakan
produk-produk baru yang menjadikan produk minuman cepat saji Coca-Cola
mempunyai rasa dan pilihan yang beragam. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen
secara lebih spesifik, pada tahun 2002 Coca-Cola meluncurkan AQUARIUS, minuman
isotonik yang diperuntukkan bagi mereka yang aktif dan gemar berolahraga. Pada
tahun yang sama, Coca-Cola Indonesia meluncurkan Frestea, teh dalam kemasan
botol dengan aroma bunga melati yang khas. Pada. Pada tahun 2004 ini, iklan
Coca-Cola versi Kabayan dinobatkan sebagai iklan paling efektif dalam bulan
Pebruari dan Maret
versi survey TV Ad Monitor MRI. Promo Coca-Cola
juga memanfaatkan momentum tertentu, misalnya: Demam Piala EURO 2004. Dengan
memanfaatkan event berskala nasional maupun internasional, Coca-Cola mencoba
tampil dengan strategi pemasaran baru yang menarik masyarakat.
Selain berinovasi dalam produk, kemasan, dan
strategi pemasaran; perlengkapan penjualan baru juga dikembangkan ke arah yang
lebih baik. Berkaitan dengan inovasi ini, Coca-Cola Indonesia menciptakan jenis
krat baru yang lebih ringan, dibuat dari bahan yang ramah lingkungan.
Kunci sukses inovasi tersebut adalah kolaborasi
yang baik antara Coca-Cola Bottling Indonesia dan Coca-Cola Company,
pengembangan varian minuman cepat saji dengan rasa baru, serta keinginan untuk
menjadikan Coca-Cola Indonesia sebagai perusahaan minuman cepat saji yang lengkap.
Aguz & Rahma 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar